Jumat, 11 September 2015

8 Bahan Untuk Membuat Kue / Cake Yang Wajib Bunda Ketahui

Untuk membuat kue kita tentunya harus memiliki buku resep masak atau buku panduan agar tidak salah memasukan bahan kedalam adonan. Berikut merupakan 7 Bahan pemmembuat kue / cake yang harus Bunda ketahui.

1. Baking Soda / Soda Kue
Ini adalah salah satu bahan backing powder, memiliki kandungan yang disebut sodium bicarbonat. Bahan ini memiliki sifat mengeluarkan gas CO2 sehingga kue dapat mengembang jika ditambah dengan bahan ini. Penggunaanya bersamaan dengan baking powder. Dalam kue kering, soda kue akan memberikan tekstur kering, ranyah dan garing. Untuk membuat cake sebenarnya hanya menggunakan baking powder saja sudah cukup.

2. Baking powder
Bahan baking powder adalah bahan pengembang yang sering dipakai untuk membuat kue. Fungsi dari baking powder sendiri adalah untuk mengembangkan kue atau cake.
Bahan dalam baking powder terdiri dari dua jenis yaitu, single acting baking powder dan double acting baking powder. Untuk single acting baking powder diaktifkan oleh cairan, jadi Bunda harus segera memanggang/mengukus adonan setelah bahan-bahan dicampur rata. Jenis baking powder yang ini sangat bagus karena apabila bertemu dengan adonan akan langsung bereaksi membentuk gelembung gas.

Yang kedua Double-acting baking powder akan bereaksi dalam dua tahapan dan dapat bertahan untuk beberapa saat sembari menunggu adonan dipanggang/dikukus. Jadi apabila oven/pengukus Bunda tempatnya terbatas sementara Bunda harus memanggang atau menguskus kue dalam jumlah lumayan banyak, maka menggunakan double-acting baking powder agar roti atau kue tetap mengembang dengan bagus walaupun masih banyak antrian loyang yang harus dioven.

3. Ovalet, TBM dan SP Emulsifier
Ovalet, TBM dan SP Emulsifier adalam produk dagang. Pada umumnya memiliki kegunaan yang sama, yaitu sebagai bahan pelembut atau emulsifier untuk membuat kue / cake sehingga fungsinya dapat saling menggantikan dalam sebuah adonan kue. Akan tetapi, hal yang membedakan bahan pengemulsi ini adalah kualitasnya. Karena diproduksi oleh perusahaan yang berbeda, oleh karena itu fungsinya sebagai emulsifier sehingga adonan jadi lebih lembut.

Baca Juga Cara Membuat Sup Bakso Campur Mie Soun Gurih Maknyus

4. SP
SP memiliki sifat melembutkan tekstur kue / cake sehingga membuat adonan mejadi lebih menyatu. Penggunaan bahan SP sendiri lebih direkomendasikan untuk pembuatan kue / cake, karena hasil pengocokkan adonan menjadi lebih stabil sehingga hasilnya lebih maksimal.

5. Cream Tar-Tar
Krim jenis ini dapat membantu mengeluarkan gas dalam adonan kue / cake agar lebih mengembang sekaligus dapat digunakan untuk mengocok putih telur agar menjadi lebih kaku.

6. Ragi Instan / Yeast / Biang Donat
Bahan ini biasa digunakan untuk membuat adonan donat, roti atau bakpao menjadi lebih mengembang. Bahan ini hanya bisa dipakai untuk adonan roti bukan kue / cake kering. Kita bisa menjumpainya di minimarket dengan merek dagang Fermipan.

7. Bread Improver
Bread improver merupakan bahan yang biasanya ditambahkan pada adonan untuk meningkatkan kualitas roti. Roti menjadi lebih empuk dan lembab, seratnya juga lebih halus, proses fermentasi semakin singkat, dan akan memperpanjang daya tahan kualitas roti terhadap penjamuran. Bunda dapat membelinya di pasar dengan salah satu merek bernama Unipan
Demikianlah 7 Bahan Untuk membuat kue / cake yang wajib Bunda Ketahui. Semoga bermanfaat untuk Bunda yang sedang ingin membuat adonan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar